• header
  • 2

MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM | Terima Kasih Kunjungannya.

Login Member

Username:
Password :

Materi Uji Terbaru

Agenda

15 December 2017
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6

Pengembangan Diri

Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi MA. Miftahul Ulum Bettet Pamekasan.

Pengembangan diri diarahkan untuk pengembangan karakter peserta didik yang ditujukan untuk mengatasi persoalan dirinya, persoalan masyarakat di lingkungan sekitarnya, dan persoalan kebangsaan.

Madrasah memfasilitasi kegiatan pengembangan diri seperti berikut ini.

a.   Pengembangan diri yang dilaksanakan sebagian besar di dalam kelas (intrakurikuler) dengan alokasi waktu 2 jam tatap muka secara ekuivalensi, yaitu:

Bimbingan Konseling, mencakup hal-hal yang berkenaan dengan pribadi, kemasyarakatan, belajar, dan karier peserta didik.

Bimbingan Konseling diasuh oleh guru yang ditugaskan. 

b.   Pengembangan diri yang dilaksanakan sebagian besar di luar kelas (ekstrakurikuler)  diasuh oleh guru pembina. Pelaksanaannya secara reguler setiap hari Jum’at sore,  yaitu:

          Bola Volly

          Teater ”Sulung”

          Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)

          Kader Muda Poskestren (KMP)

          Jama’ah Yasin (Gerakan Batin)

          Kelompok Pecinta Bahasa Inggris ”Kaum Sarungan”

          Kaligrafi

 

Setiap peserta didik diberikan kesempatan untuk memilih jenis ekstrakurikuler yang ada di MA. Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Segala aktifitas peserta didik berkenaan dengan kegiatan ekstrakurikuler dibawah pembinaan dan pengawasan guru pembina yang telah ditugasi oleh Kepala Madrasah.

c.        Program Pembiasaan  mencakup kegiatan yang bersifat pembinaan karakter peserta didik yang dilakukan secara rutin, spontan, dan keteladanan.

 

RUTIN

SPONTAN

KETELADANAN

upacara

membiasakan antri

berpakaian rapi

senam

memberi salam

memberikan pujian

sholat berjamaah

membuang sampah pada tempatnya

tepat waktu

kunjungan pustaka

musyawarah

hidup sederhana

Pembiasaan ini dilaksanakan sepanjang waktu belajar di madrasah. Seluruh guru ditugaskan untuk membina program pembiasaan yang telah ditetapkan oleh madrasah.

Penilaian kegiatan pengembangan diri  bersifat kualitatif. Potensi, ekspresi, perilaku, dan kondisi psikologis peserta didik merupakan portofolio yang digunakan untuk penilaian.